Flow Meter Sensor, Pengertian Dan Cara Pemasangannya

Pengukuran aliran sebuah zat sangat diperlukan untuk sejumlah industri laksana industri kimia (petrochemical), pembangkit listrik, kilang minyak ( refinery), industri farmasi, industri makanan dan minuman. Dalam mengukur aliran atau fluida mesti memakai instrumenteksklusif yang dinamakan flow meter.

Pengertian dari flow meter sensor adalah alat yang bermanfaat untuk mengukur aliran sebuah zat (cair dan gas) pada luas suatu penampang tertentu. Pada pemakaian flow meter akan diperoleh nilai pengukuran yang dinamakan ‘flow rate’ atau debit yang satuannya l/h (liter/hours). Dari satuan ini dapat diturunkan lagi menjadi l/m (liter/minutes) atau l/s (liter/second) cocok dengan tingkat pengukuran yang dibutuhkan.

png.png

Alur kerja instrument flow meter ini memiliki jangkauan yang luasguna pada pemakaiannya laksana sensor flow meter untuk memungut data, menghitung data yang diterima dari sensor dengan interaksi fluida memakai komputer atau yang dinamakan komputasi, transducer dan memproses sinyal (transmitter), menganalisa situasi sekitar pengukuran.

Model dan ukuran flow meter berbeda-beda tergantung dari jenis dankeperluan di lapangan. Jika jenis dan model yang dipilih tidak sesuai dapat mempengaruhi tingkat akurasi pengukuran fluidatersebut sendiri.

Untuk menemukan jenis flow meter yang cocok maka terdapat beberap hal urgen yang mesti diacuhkan seperti jenis fluida yang diukur, temperature, tingkat keasaman cairan, kepekatan pada fluida, sampai tingkat kesucian pada fluida.

Berdasarkan strukturnya, flow meter dipakai untuk mengukur 3 macam jenis zat yakni : cair, gas dan solid (pasir, bubuk, tepung, dan sejenisnya).

DSC_0168.JPG

Pemasangan Flow Meter

Sistemasi pemasangan flow meter terbagi menjadi sejumlah jenis tergantung dari situasi lapangan diantaranya :

Sistem Insertin : pipa yang dialiri fluida mesti dlubangi terlebih dahulu lantas transducer dimasukan ke dalam pipa yang dilubangi terlebihi dahulu.

Sistem inline : Pipa yang dialiri fluida mesti dicukur kemudian dimasukan transducer ke dalamnya

Sistem Clip On : lumayan tempelkan trasducer flow meter dibagian luar pipa yang dialiri fluida

Dengan daftar : guna sistem pemasangan clip on/clamp on ini hanyadapat menggunakan jenis ultrasonic flow meter yang transducernyadapat menempel di unsur luar pipa. Ada 3 jenis transducer pada ultrasonic flow meter dengan ukurang besar, sedang dan kecil.

Baca Juga : Water Flow Meter Data Logger

Data Logger Indonesia adalah perusahaan terpercaya guna menjadi penyedia data logger di Indonesia. Salah satunya ialah menjualperangkat flow meter instrument dan sensor guna mengukur aliran pada sebuah zat laksana zat cair atau gas, pastinya dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Leave a comment