Kegunaan Water Level Data Logger Untuk Banjir

Banjir merupakan fenomena yang telah tidak asing lagi di Indonesiakhususnya DKI Jakarta pada masing-masing musim hujan. Seperti yang terjadi pada mula tahun 2018 ini, banjir telah melanda di sejumlah titik DKI Jakarta khususnya wilayah bantaran kali ciliwung. Banjir tersebut diakibatkan debit air yang datang dari distrik bogor telahmenjangkau siaga 1 dan akan menjangkau DKI Jakarta.

WhatsApp Image 2018-02-05 at 16.24.26.jpeg

Intensitas hujan yang tinggi menjadi penyebab utama banjir pada DKI Jakarta, kali atau sungai merasakan penyempitan dan pendangkalan oleh sampah yang menumpuk pun menjadi di antara penyebab persoalan banjir.

Diperlukan kesadaran dari semua warga DKI Jakarta bakal pentingnyamengawal lingkungan khususnya sungai dan kali yang menjadi jalur lewat air sampai mencapai hulu. Dan peran pemerintah guna segera meluaskan sungai, mengerjakan pengerukan dasar sungai, danmembetulkan alat resapan air.

“ Banjir akan diduga menggenangi distrik sekitar bantaran sungailaksana pada wilayah srengseng sawah, Kalibata, Pejaten Timur, Rawajati, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cililitan, Bukit Duri.” Ujar Sutopo kepala pusat BNPB pada Senin (5/02) laksana yang dilansir dari BBC.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Pusdatin dan BPBD Provinsi DKI Jakarta. Kenaikan air bakal terjadi bertahap di mulai pukul 07.00 WIB, Kenaikan air terus meningkat hingga menjangkau 240 cm pada pukul 09.05 WIB.

Level Siaga 1 pada bendungan katulampa telah akan diberitahukan jika elevasi air di atas 200 centimeter.

Baca Juga : Weather Station Memantau Global Warming

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghimbau untuk penduduk yangsedang di bantaran sungai mesti bersiaga “diprediksi aliran air akan paling deras dan tinggi” katanya untuk wartawan, laksana yangdikutip BBC.

U20-001-01.png

Water Level Data Logger

Untuk itu, saya menyarankan supaya di masing-masing pintu air dipasang perangkat water level data logger untuk mengawasi debit air, elevasi air, dan kecepatan arus air sehingga meningkatkan keakuratan mengenai data yang hendak dilaporkan. Sehingga memberi waktu guna memikirkan penyelesaian dan memberi tahu untuk wargasupaya kerugian dapat di minimalisir.

Karena dengan memakai alat ini kita dapat memantau pergerakan air secara terus menerus dan mempunyai sistem alarm andai levelelevasi air telah melebihi kapasitas tertentu. Memiliki daya tahan yang powerful sehingga tahan lama untuk pemakaian jangka panjang.

Data Logger Indonesia ialah salah satu perusahaan penyedia data logger di Indonesia. Salah satunya ialah menjual water level data logger untuk mengawasi debit dan arus air dengan mudah, pastinya dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

 

Leave a comment